PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 2 KOTO BARU
DOI:
https://doi.org/10.24036/2ygpmk34Abstract
Pemahaman konsep matematis adalah elemen krusial dimana peserta didik harus menguasainya. Akan tetapi, hasil uji tes awal menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI SMA N 2 Koto Baru sejauh ini tergolong rendah. Faktor diantaranya adalah implementasi model pembelajaran yang kurang mendukung. Dengan demikian untuk mengatasi masalah ini, dilakukan penelitian dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share). Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perkembangan pemahaman konsep matematis selama penerapan model TPS. Penelitian ini bersifat deskriptif dan eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Posttest Only Control Group Design. Pemilihan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas XI F1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan meliputi kuis dan tes pemahaman konsep matematis (posttest). Analisis data memperlihatkan bahwa pemahaman peserta didik mengalami kemajuan pada kelas eksperimen yang pembelajarannya mengimplementasikan model kooperatif tipe TPS. Berdasarkan uji hipotesis dengan α = 0,05, diperoleh P-value = 0,01 < α, sehingga H₀ ditolak. Artinya, pemahaman peserta didik yang mengimplementasikan model kooperatif tipe TPS meningkat. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terbukti dapat meningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI SMA N 2 Koto Baru.











