Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo
DOI:
https://doi.org/10.24036/wjfe5q69Keywords:
Tipe Think Talk Write, Model Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Belajar memecahkan masalah matematika adalah salah satu tujuan utama belajar matematika. Namun, kemampuan tersebut masih sangat kurang di kalangan peserta didik sekolah menengah. Menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) merupakan salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut. Dalam penelitian ini, kelas delapan di SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo diuji untuk melihat apakah model tersebut mengungguli model pembelajaran tradisional dalam hal meningkatkan kemampuan menyelsaikan masalah matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model TTW mengungguli model pembelajaran konvensional dalam hal kemampuan belajar.