Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo

Authors

  • Yutia Nur Asmara Universitas Negeri Padang Author
  • Sri Elniati Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/wjfe5q69

Keywords:

Tipe Think Talk Write, Model Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Belajar memecahkan masalah matematika adalah salah satu tujuan utama belajar matematika. Namun, kemampuan tersebut masih sangat kurang di kalangan peserta didik sekolah menengah. Menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) merupakan salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut. Dalam penelitian ini, kelas delapan di SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo diuji untuk melihat apakah model tersebut mengungguli model pembelajaran tradisional dalam hal meningkatkan kemampuan menyelsaikan masalah matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model TTW mengungguli model pembelajaran konvensional dalam hal kemampuan belajar.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(2), 32-37. https://doi.org/10.24036/wjfe5q69

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.