PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITE (TTW) BERBANTUAN GEOGEBRA PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMPN 1 KECAMATAN HARAU
DOI:
https://doi.org/10.24036/egrq9w08Keywords:
ttw, Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, GeogebraAbstract
– Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang rendah, menyebabkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini diduga karena metode pembelajaran konvensional yang masih dominan digunakan, cenderung bersifat berfokus pada pendidik, serta kurang melibatkan partisipasi aktif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana hasil belajar siswa SMP dalam matematika dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Think Talk Write (TTW) yang didukung oleh software Geogebra. Eksperimen semu menggunakan quasy experiment dengan rancangan penelitian Pos-test Only Control Group Desain adalah metodologi penelitian yang digunakan. Dua kelas yang masing-masing terdiri dari tiga puluh siswa menjadi sampel penelitian. Sementara kelompok kontrol mendapatkan pengajaran model pembelajaran konvensional, kelompok eksperimen diajar dengan menggunakan teknik TTW berbasis Geogebra. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk soal cerita matematika. Software Minitab digunakan untuk menganalisis data dan menentukan perbedaan rata-rata hasil belajar antara kedua kelompok. Dengan nilai p-value = 0,000 (p < 0,05), hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara siswa yang menggunakan model TTW berbantuan Geogebra dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan TTW berbantuan Geogebra secara nyata lebih berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika.