MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 KAMANG MAGEK
DOI:
https://doi.org/10.24036/q1zpet10Keywords:
Kemampuan Penalaran Matematis, Learning Cycle 7E, LiveworksheetsAbstract
Tujuan penelitian yakni melihat apakah model Learning Cycle 7E berbantuan Liveworksheets ke kemampuan penalaran matematis, dikomparasikan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang dipakai yakni percobaan semu, atau Quasy experiment, dengan desain non equivalent posttest only control group design, dan penelitian deskriptif. Kelompok penelitian yakni kelas XI SMA Negeri 1 Kamang Magek TA 2024/2025. Metode sampling yang dipakai yakni sampling acak sederhana. Instrumen yang dipakai yakni kuis dan tes akhir penalaran matematis. Berlandaskan evaluasi dengan penerapan model Learning Cycle 7E berbantuan Liveworksheets, pada setiap indikator penalaran matematis telah meningkat. Berlandaskan temuan uji hipotesis dengan taraf nyata 0,05 didapatkan P-value = 0,006 yang maknanya < α sehingga tolak H0. Hal ini membuktikan jikalau kemampuan yang diintegrasikan model Learning Cycle 7E berbantuan Liveworksheets lebih unggul daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, dapat dirumuskan jikalau terdapat efek model Learning Cycle 7E berbantuan Liveworksheets ke kemampuan penalaran matematis kelas XI SMA Negeri 1 Kamang Magek.











