Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Sungai Limau
DOI:
https://doi.org/10.24036/pff36z03Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Konvensional, Think Pair SquareAbstract
Hasil pembelajaran dapat diartikan sebagai pencapaian yang diraih oleh siswa setelah mengikuti kegiatan belajar. Peningkatan mutu proses pengajaran di kelas diyakini memperoleh efek pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bermaksud mengamati kontras hasil belajar kelas VII SMPN 2 Sungai Limau antara yang diintegrasikan model kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dan yang memperoleh pembelajaran dengan cara tradisional. Tipe penelitian yakni quasi experiment dengan Posttest Only Control Group Design. Populasi yakni kelas VII kelas VII di SMPN 2 Sungai Limau pada TA 2024/2025. Penarikan sampel dilaksanakan secara acak sederhana (Simple Random Sampling), dengan kelas VII.1 sebagai kelompok eksperimen dan VII.2 sebagai kelompok kontrol. Alat penelitian berupa tes tertulis di akhir pembelajaran guna mengalkulasi hasil belajar matematika. Merujuk pada analisis uji-t, didapat nilai P-value yakni 0,000. Karena P-value < 0,05 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Artinya, hasil belajar matematika dengan model TPSq lebih unggul daripada cara konvensional.