PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 34 PADANG

Authors

  • Nadya Putri Ramadhani Universitas Negeri Padang Author
  • Fitrani Dwina Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/8yy1ys49

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Konvensional, Numbered Head Together

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu dasar penting bagi pendidik dalam melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya, hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Padang masih rendah. Hal ini terjadi bahwa model pembelajaran yang digunakan pendidik belum mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik secara aktif selama proses pembelajaran. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan hasil belajar dan mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2025/2026. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Kelas VIII.E sebagai kelas eksperimen dan VIII.F sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t pada tes hasil belajar matematika diperoleh P-value sebesar  dengan taraf signifikansi . Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Padang.

Downloads

Published

2025-11-18

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 34 PADANG. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(4), 209-214. https://doi.org/10.24036/8yy1ys49

Similar Articles

11-20 of 80

You may also start an advanced similarity search for this article.