PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 34 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.24036/8yy1ys49Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Konvensional, Numbered Head TogetherAbstract
Hasil belajar merupakan salah satu dasar penting bagi pendidik dalam melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya, hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Padang masih rendah. Hal ini terjadi bahwa model pembelajaran yang digunakan pendidik belum mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik secara aktif selama proses pembelajaran. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan hasil belajar dan mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2025/2026. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Kelas VIII.E sebagai kelas eksperimen dan VIII.F sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t pada tes hasil belajar matematika diperoleh P-value sebesar dengan taraf signifikansi . Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Padang.











