Penerapan Model Problem Based Learning pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XII SMAN 4 Sijunjung
DOI:
https://doi.org/10.24036/zrkt0n95Keywords:
Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Kemampuan memecahkan masalah matematika merupakan kompetensi yang sangat krusial dalam pelajaran matematika. Kelas XII di SMA Negeri 4 Sijunjung masih memiliki tingkat kemampuan yang rendah dalam hal ini, berdasarkan hasil asesmen awal. Menerapkan model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu cara guna mengatasi hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui bagaimana efek PBL pada kemampuan pemecahan masalah kelas XII SMA Negeri 4 Sijunjung dengan memakai empat indikator. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Semua yang terdata di TA 2025/2026 berada di kelas XII ialah populasi. Kelas yang menjadi sampel adalah kelas XII.F.1 dan kelas XII.F.3. Proses pemilihan ini didasarkan pada pengambilan sampel acak dasar. Tes uraian berfungsi sebagai instrumen. Dengan nilai rata-rata 60 dari nilai maksimal 100, hasil penelitian memaparkan jikalau kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan tahap-tahap pemecahan masalah mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan jikalau kemampuan mereka dalam menyelesaikan persoalan matematika dapat ditingkatkan melalui penggunaan model PBL.











