PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XII SMAN 1 LINTAU BUO
DOI:
https://doi.org/10.24036/6vmye247Keywords:
Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Konvensional, Numbered Heads TogetherAbstract
Peserta didik seharusnya dapat memecahkan permasalahan matematika sendiri. Namun, seperti yang terlihat dari hasil tes awal, kemampuan tersebut di kelas XII SMAN 1 Lintau Buo masih tergolong minim. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) diusulkan sebagai solusi untuk persoalan ini. Mengetahui seberapa baik kelas XII SMAN 1 Lintau Buo dalam memecahkan permalsalahan matematika dengan mempergunakan model NHT ialah maksud utama dari penelitian ini. Penelitian semacam ini dikenal sebagai analisis kuantitatif deskriptif. Sampel untuk penelitian ini mencakup 28 peserta didik dari kelas XII. Metode pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes deskriptif sebanyak tiga soal yang pengembangannya didasarkan pada tahapan kemampuan pemecahan masalah yang diuraikan oleh Polya (2004). Untuk mendapatkan kelas sampel, yaitu kelas XII F1, digunakan Teknik Random Sampling. Dengan nilai rata-rata 78,57 dari nilai maksimal 100, hasil penelitian memaparkan jikalau kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan tahap-tahap pemecahan masalah mengalami peningkatan. Hal tersebut menunjukkan jikalau kemampuan mereka dalam menyelesaikan persoalan matematika dapat ditingkatkan melalui penggunaan model NHT.











