Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas IX
DOI:
https://doi.org/10.24036/8kzxdb58Keywords:
Disposisi Matematis, Kemampuan Penalaran Matematis, Ex-post FactoAbstract
Salah satu kemampuan yang penting dikuasai peserta didik adalah penalaran matematis. Namun kenyataannya, di SMP Pembangunan Laboratorium UNP peserta didik kelas IX memiliki penalaran matematis yang tergolong rendah. Diduga bahwa penyebab rendahnya penalaran matematis tersebut berkaitan dengan rendahnya disposisi matematis. Berdasar atas hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi disposisi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis korelasional ex-post facto. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa secara signifikan, disposisi berpengaruh positif terhaap kemampuan penalaran matematis. Disposisi matematis memberikan kontribusi sebesar sebesar 47,3% terhadap kemampuan penalaran matematis.