Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 8 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/2bckw905Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Generatif, Pembelajaran KonvensionalAbstract
Salah satu aspek paling kritis bagi peserta didik yakni hasil belajar dalam mata pelajaran matematika. Namun, hal tersebut tetap berada pada tingkat yang rendah. Hasil ujian tengah semester kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Padang menyokong pernyataan ini. Salah satu solusi potensial untuk persoalan ini yakni penerapan Model Pembelajaran Generatif. Penelitian ini mempergunakan desain quasi-eksperimental dengan desain kelompok statis. Kelas XII F 1 di SMA Negeri 8 Padang menjadi kelompok eksperimen, sedangkan Kelas XII F 3 berfungsi sebagai kelompok kontrol. Penilaian akhir berbasis esai dimanfaatkan guna mengevaluasi hasil belajar matematika dan berfungsi sebagai instrumen riset. Analisis data menggunakan uji t menghasilkan P-value yakni 0,000, yang berada di bawah ambang batas signifikansi (α) yakni 0,05, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak. Model Pembelajaran Generatif menghasilkan hasil yang lebih baik di kelas dikomparasikan dengan metode pengajaran konvensional.