PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN FLIPBOOK PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI TJKT SMK NEGERI 3 PADANG

Authors

  • Rahma Sinta Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/racdxf43

Keywords:

Hasil Belajar Matematika , Numbered Head Together, Flipbook

Abstract

 Hasil belajar matematika sebagai tolak ukur berhasilnya tujuan pembelajaran matematika. 
Tujuan itu dapat dianggap berhasil apabila hasil belajar dikelompokkan dalam kategori baik. Namun 
faktanya, menurut Penilaian Akhir Semester Genap pada kelas X tahun 2024/2025 hasil belajar 
matematika peserta didik kelas XI TJKT di SMK Negeri 3 Padang masih belum dikategori baik. Usaha 
untuk mengatasi masalah ini adalah memaksimalkan aktivitas belajar mengajar dengan penggunaan model 
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan bantuan media pembelajaran IT berupa 
Flipbook. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan hasil belajar matematika peserta 
didik selama proses kegiatan belajarnya memakai model pembelajaran NHT dan bantuan media Flipbook. 
Metode yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek seluruh peserta didik kelas XI TJKT 
SMK Negeri 3 Padang tahun pembelajaran 2025/2026, yang terdapat dua kelas. Informasi yang didapatkan 
melalui kuis dan tes akhir berdasarkan indikator yang memuat tujuan pembelajaran matriks. Hasil dan 
analisis yang diperoleh membuktikan hasil belajar matematika peserta didik selama menggunakan model 
tipe NHT dan bantuan media Flipbook berhasil dikelompok kategori baik. 

Downloads

Published

2025-11-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN FLIPBOOK PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI TJKT SMK NEGERI 3 PADANG. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(4), 91-96. https://doi.org/10.24036/racdxf43

Similar Articles

11-20 of 79

You may also start an advanced similarity search for this article.