PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IX SMP IT DARUL HIKMAH PASAMAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.24036/1cbpps66Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Leraning, Model Pembelajaran KonvensionalAbstract
Pencapaian kompetensi pembelajaran matematika di SMP IT Darul Hikmah Pasaman Barat masih rendah, antara lain karena kurangnya partisipasi aktif siswa di kelas. Untuk mengatasi hal ini, model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) diintegrasikan dengan tujuan untuk menguji pengaruhnya terhadap keterampilan pemecahan permasalahan matematika siswa dan perkembangannya selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggabungkan penelitian kuasi-eksperimental dan deskriptif dengan memakai Posttest-Only Control Group Design. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas sembilan tahun ajaran 2025/2026, dengan Total Sampling yang diterapkan. Kelas IX Akhwat ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IX Ikhwah sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes pemecahan masalah akhir. Analisis data dengan uji-t pada tingkat signifikansi 0,05 memperoleh Nilai-P yakni 0,005, yang menunjukkan H₀ ditolak. Dengan demikian, siswa yang diajar menggunakan model PBL menunjukkan keterampilan pemecahan permasalahan yang secara signifikan lebih baik daripada mereka yang diajar dengan metode konvensional. Selain itu, hasil kuis mengindikasikan adanya peningkatan berkelanjutan pada kemampuan tersebut di kelompok yang terintegrasi PBL











