Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 42 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/y2wk6h86Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Matematika, Numbered Heads TogetherAbstract
Masalah rendahnya pencapaian dalam studi matematika masih sering dijumpai dalam dunia pendidikan. Salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya keikutsertaan aktif siswa dalam proses pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dampak penerapan pendekatan NHT pada pencapaian siswa kelas VII SMP Negeri 42 Padang belajar matematika. Pendekatan menggunakan metode kuasi eksperimen dan deskriptif rancangan posttest-only control group. Hasilnya menyatakan nilai siswa yang diajar melalui pendekatan NHT 81,62, sedangkan kelas kontrol 66,28. Uji asumsi melalui uji - t menghasilkan p – value 0,00 tingkat signifikan 0,05 bisa diambil kesimpulan bahwa pendekatan NHT efesien dalam meningkatkan pencapaian mempelajari matematika dan bisa dijadikan strategi alternatif oleh guru dalam pembelajaran.











