PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW (THINK, TALK, WRITE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 15 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.24036/rpsb1n31Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, pembelajaran kooperatif tipe think talk write, pembelajaran konvensionalAbstract
Salah satu keterampilan kunci yang krusial dikembangkan dalam mendalami matematika yakni kemampuan untuk menjawab soal. Namun, peserta didik kelas VIII di SMPN 15 Padang masih mempunyai pemahaman yang kurang memadai tentang konsep-konsep matematika. Model Pembelajaran Kooperatif TTW dapat diterapkan untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini akan mengevaluasi efektivitas Model TTW dibandingkan dengan metode pengajaran konvensional untuk menentukan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 15 Padang. Penelitian ini memanfaatkan desain non-equivalent control group yang bergantung sepenuhnya pada hasil “posttest”; penelitian ini dikategorikan sebagai deskriptif dan quasi-eksperiment. Ujian dan penilaian pemecahan masalah matematika digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil penilaian memaparkan jikalau kemampuan dalam pemecahan masalah matematika meningkat setelah penerapan Model TTW. Uji hipotesis memaparkan jikalau kemahiran dalam penyelesaian masalah matematika dipengaruhi oleh model TTW.