Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas 11

Authors

  • Azzahra Lady Ashel Universitas Negeri Padang Author
  • Ahmad Fauzan Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/tpf4w533

Keywords:

Kesulitan, kesalahan, pemecahan masalah

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa, terutama pada abad ke-21. Kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah dapat terlihat dari kesalahan yang sering terjadi pada siswa dalam proses pemecahan masalah tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa serta kesulitan dan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam proses pemecahan masalah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dalam mendeskripsikan hasil dari data yang ada terkait kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari data yang ada, diperoleh bahwa umumnya siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kategori sedang, yaitu sebesar 34% dari total sampel yang ada. Beberapa kesulitan / kesalahan siswa dalam memecahkan masalah diantaranya yaitu: 1) siswa kesulitan dalam memahami masalah yang diberikan, 2) siswa keliru dalam mengkoneksikan antara situasi yang ada dengan strategi / konsep yang akan digunakan, 3) siswa keliru dalam melakukan perhitungan matematis

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas 11. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(2), 74-82. https://doi.org/10.24036/tpf4w533

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.