PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 29 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.24036/bds8j584Keywords:
Kemampuan Literasi matematis, Discovery Learning, GeogebraAbstract
Kemampuan literasi matematis1 merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa, karena menjadi kompetensi yang dinilai pada skala internasional (PISA) dan nasional (AKM). Namun, kemampuan literasi matematis siswa di SMP Negeri 29 Padang masih rendah. Ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang melibatkan siswa dalam penemuan konsep matematika dan proses visualisasi konsep matematika yang terbatas. Oleh sebab itu, diperlukan model pembelajaran yang mendorong keaktifan siswa dan menyediakan fasilitas visualisasi yang efektif, salah satunya melalui penerapan model Discovery Learning dengan bantuan GeoGebra. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan efektivitas dua model pembelajaran di dua kelas berbeda. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan rancangan Non-equivalent Post-Test Only Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 padang tahun ajaran 2024/2025 dengan dua kelas yang dipilih secara acak sebagai kelas sampel. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya diterapkan model Discovery Learning berbantuan GeoGebra lebih baik daripada pembelajaran yang diterapkan model konvensional di SMP Negeri 29 Padang.