Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan video animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Minat Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.24036/2g72vf52Keywords:
Model Learning Cycle 5E, Hasil Belajar Matematika, Minat BelajarAbstract
Riset ini dilatarbelakangi hasil belajar peserta didik yang rendah akibat dominannya metode pembelajaran berpusat pada guru, sehingga partisipasi aktif siswa terbatas. Riset ini ditujukan guna mengevaluasi efektivitas model Learning Cycle 5E yang dipadukan dengan media video animasi dalam mengoptimalkan hasil maupun minat belajar matematika peserta didik SMP. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode quasi-eksperimen serta desain Posttest Only Control Group. Kelompok eksperimen mengikuti pembelajaran dengan Learning Cycle 5E berbantuan video animasi, sedang kelompok kontrolnya memanfaatkan pembelajaran langsung. Analisis data dengan Minitab menunjukkan P-Value = 0,000, menandakan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Selain itu, terjadi pergeseran dominasi minat belajar siswa ke kategori tinggi dan sangat tinggi, menunjukkan bahwa video animasi efektif meningkatkan motivasi dan ketertarikan peserta didik terhadap pembelajaran.











