Pengembangan Komik Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik kelas X SMA/MA pada Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear
DOI:
https://doi.org/10.24036/303gf611Keywords:
matematika , kemampuan representasi matematis , komik, Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan LinearAbstract
Latar belakang penelitian ini berakar dari temuan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita salah satunya pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear, yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan konsep matematika secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi komik matematika sebagai media pembelajaran guna meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik kelas X pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model Plomp. Metode penelitian dimulai dengan tahap investigasi awal, termasuk analisis kurikulum, peserta didik, dan konsep untuk merancang prototipe komik matematika. Prototipe dikembangkan melalui tiga tahap utama: perencanaan, evaluasi formatif, dan revisi. Evaluasi formatif mencakup self-evaluation, expert evaluation, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa komik matematika yang dikembangkan mencapai validitas sangat baik, dengan nilai keseluruhan validitas sebesar 87,67%. Hasil self-evaluation menunjukkan perbaikan signifikan dalam hal ketidakjelasan tulisan, penggunaan istilah, kelayakan isi, ketepatan bahasa, penyajian, kegrafisan, dan kebahasaan setelah revisi. Evaluasi perorangan dan kelompok kecil menunjukkan bahwa komik ini praktis, dengan nilai rata-rata 71,43% dan 85,08% masing-masing. Secara keseluruhan, komik matematika ini dinyatakan valid dan sangat praktis, dapat digunakan baik secara online maupun offline untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik.











