Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas IX

Authors

  • hafidz_ilham Universitas Negeri Padang Author

DOI:

https://doi.org/10.24036/8kzxdb58

Keywords:

Disposisi Matematis, Kemampuan Penalaran Matematis, Ex-post Facto

Abstract

Salah satu kemampuan yang penting dikuasai peserta didik adalah penalaran matematis. Namun kenyataannya, di SMP Pembangunan Laboratorium UNP peserta didik kelas IX memiliki penalaran matematis yang tergolong rendah. Diduga bahwa penyebab rendahnya penalaran matematis tersebut berkaitan dengan rendahnya disposisi matematis. Berdasar atas hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi disposisi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis korelasional ex-post facto. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa secara signifikan, disposisi berpengaruh positif terhaap kemampuan penalaran matematis. Disposisi matematis memberikan kontribusi sebesar sebesar 47,3% terhadap kemampuan penalaran matematis. 

Downloads

Published

2025-06-02

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas IX. (2025). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 14(2), 107-113. https://doi.org/10.24036/8kzxdb58

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.