Penerapan Model Pembelajaran Tipe Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 5 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/wk40dt75Abstract
Kemampuan berfikir kreatif dan matematis yaitu kemampuan yang harus dikuasai peserta didik. Peserta didik kelas XII F di SMA Negeri 5 Padang masih memiliki tingkat kreativitas matematika yang rendah. Ini disebabkan oleh fakta bahwasannya kreativitas matematis peserta didik belum ditingkatkan dengan metodologi pembelajaran yang ada saat ini. Untuk membantu siswa menjadi pemikir yang lebih kreatif dalam matematika, guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif seperti Creative Problem Solving (CPS). Desain penelitian ini yaitu kuasi-eksperimental, bersama kelompok kontrol yang tidak ekuivalen, yaitu kelompok kontrol yang hanya diberikan postes saja. Siswa yang mendapatkan pendidikan berdasarkan model CPS mengungguli rekan-rekan mereka yang mendapatkan pendidikan berdasarkan model pembelajaran langsung dalam hal kreativitas matematika.